All for Joomla All for Webmasters
Berita

Sudah Berjuang Maksimal, Pemkot Cirebon Harus Pilih Lepaskan RW 10 Sukapura


Foto : CP-02
Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH.

‪KEJAKSAN – Persoalan batas geografis antara Kota dan Kabupaten Cirebon sudah diputuskan dengan alternatif pilihan yang sudah disodorkan Kemendagri kepada kedua daerah yang berbatasan. Dimana Pemkot Cirebon dengan terpaksa harus melepas RW 10 Sukapura, yakni Pilang Setrayasa ke Kabupaten Cirebon dan mempertahankan RW 1 dan 2. Rencananya, besok diagendakan pemerintah kota akan menyampaikan hasil perjuangan atas batas wilayah kota dan kabupaten dihadapan dewan dan masyarakat. Walikota bukan rela melepas RW 10, melainkan itu sebuah pilihan dan konsekuwensi yang harus diambil. Mudah-mudahan warganya bisa menerimanya dengan baik, dan tidak terjadi kesalah pahaman.

Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH mengatakan, dirinya akan menyampaikan secara langsung kepada DPRD Kota Cirebon terkait batas wilayah. Dan itu dikatakannya, merupakan finalisasi karena tidak ada pilihan lagi bagi Kota Cirebon yang dimana pihaknya diberi 3 alternatif oleh Kemendagri. Pihaknya pun berharap kepada masyarakat dapat menerima dengan apa yang sudah dihasilkan selama ini. Sebab, bila Kota Cirebon tidak dapat menerima atas hasil tersebut maka diputuskan oleh Mendagri dan itu dirasa kurang baik. Pasalnya, kata Azis, secara kebetulan keputusan tersebut tidak akan menguntungkan bagi Kota Cirebon.‬

‪”Akan lebih repot lagi kalu diputuskan oleh Kemendagri. Untuk itu, bukan saatnya lagi memilih atau berdebat. Akan tetapi lebih mengoptimalkan dimana solusi yang diberikan oleh Kemendagri disetujui atau tidak oleh pemerintah kota. Kemendagri sudah memutuskan akan diambil sikap tentang batas kabupaten dan kota,” tuturnya yang ditemui saat berkunjung ke lokasi sentral PKL Alun-alun Kejaksan.‬

‪Dirinya pun mengatakan, jika besok (2/3) hanya ingin menyampaikan perjuangan pihaknya kepada masyarakat. Dan dirinya pun menilai, jika hal ini dianggap sudah sangat luar biasa. Karena sebelumnya Kota Cirebon akan kehilangan 3 RW dimana saat ini hanya kehilangan 1 RW dimana RW 1 dan 2 sudah dapat dipertahan hanya saja RW 10 Sukapura tidak dapat dipertahankan. Dikatakan pula oleh Azis, jika Cipto, Taman Wahidin dan Arhanudse masuk kedalam wilayah Kota Cirebon. Ketidak berhasilan tersebut dikarenakan tanah yang berada di RW 10 Pilang Setrayasa secara admisitrasi sudah masuk di Kabupaten Cirebon. Pihaknya pun memohon kepada masyarakat RW 10 untuk dapat memaklumi keputusan tersebut.‬ Karena Pemkot Cirebon sejatinya sudah memperjuangkan sekuat tenaga untuk mempertahankan luas wilayah, namun Kemendagri memberikan pilihan-pilihan. Pada prinsipnya, pihaknya sangat mencintai masyarakat RW 10 Sukapura. Hanya saja ini sudah hasil finalisasi dan kami tidak bisa berbuat apa-apa. Dan batas RW 2 yang berada di Wahidin sampai jalan Wiratama Pesantren Nursiddiq masuk ke kota. Dan itu sudah masuk sektor wilayah utara dan bagi Pilang Setrayasa bukan berarti  menganggap itu tidak penting.

“Mudah-mudahan tidak terjadi kesalah pahaman, khususnya bagi masyarakat RW 10. Saya mewakili pemerintah kota meminta maaf tidak maksimal dalam melakukan perjuangan ini,” ungkapnya.‬ (CP-02)

Most Popular

To Top