Get it on Google Play

Aher: Gerakan Koperasi Hadirkan Kesejahteraan Rakyat


Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (tengah) membuka Hari Koperasi ke-70 di Kabupaten Kuningan, Jumat (21/7). Foto: Taufik/radarcirebon.com

KUNINGAN – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, koperasi adalah satu-satunya jawaban yang paling pasti dalam mewujudkan pemerataan dan kesejahteraan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini.

Hal tersebut disampaikan Aher, panggilan akrab Gubernur Jabar ini, saat menghadiri peringatan Hari Koperasi ke-70 tingkat Jawa Barat di Lapangan Pandapa Paramartha, Kabupaten Kuningan, Jumat (21/7).

Hadir Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM Agus Muharam, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Dudi Sudrajat, Bupati Kuningan Acep Purnama dan Duta Koperasi Dedi “Miing” Gumelar serta para pelaku Koperasi se-Jawa Barat.

Dikatakan Aher, koperasi adalah satu-satunya bentuk usaha untuk memajukan perekonomian bangsa secara merata dan termaktub dalam UUD 1945.

“Namun demikian, sekedar informasi untuk semua bahwa saat ini perekonomian nasional tengah mengalami kemajuan, namun pemerataannya dirasakan belum maksimal. Momentum Hari Koperasi ini menjadi fokus kita memperhatikan dan memajukan koperasi Indonesia untuk pemerataan kesejahteraan oleh seluruh masyarakat yang ada,” ujar Aher.

Dijelaskan Aher, bahwa badan usaha selain koperasi merupakan capital based, di mana modal menjadi dasarnya dengan kepemilikan usaha dikuasai oleh sekelompok orang dalam jumlah sedikit. Sehingga kalau ada keuntungan, maka akan dinikmati hanya oleh segelintir orang pemilik modal tersebut.

“Sedangkan koperasi, selain menjadikan modal sebagai dasarnya ternyata yang menjadi dasar utamanya adalah jumlah anggota. Sehingga ketika diperoleh keuntungan, maka dinikmati oleh seluruh anggota koperasi secara saksama,” kata Aher.

Begitu pula ketika terjadi keterpurukan usaha, maka akan dirasakan pula oleh seluruh anggota. Sehingga untuk mencapai kebangkitan pun bisa lebih cepat karena ditanggung secara bersama-sama pula.

“Dalam konteks pemerataan, saya sepakat bentuk usaha yang memungkinan untuk membangun kesejahteraan Indonesia secara seksama adalah gerakan koperasi. Oleh karena itu, kita jangan ragu untuk mengelola koperasi dengan sebaik-baiknya. Kita harus membangun kesamaan pikiran untuk menghadirkan kesejahteraan masyarkat ke depan melalui gerakan koperasi ini,” ungkap Aher.

Terselenggaranya kegiatan peringatan Hari Koperasi ke-70 di Kabupaten Kuningan, kata Aher, karena melihat geliat perkembangan koperasi di Kuningan adalah yang terbaik di Jawa Barat. Selanjutnya, secara bergilir kegiatan tahunan ini akan digelar di Kabupaten Karawang sebagai tuan rumah peringatan Hari Koperasi 2018 mendatang.(taufik)

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini menjadi tanggungjawab sumber.
loading...