Unswagati Cirebon Berkomitmen Jaga Kualitas Lulusan

Cirebontrust.com – Sebagai universitas kebanggaan Cirebon, Unswagati hendaknya terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan program pendidikan tinggi dengan melakukan inovasi tanpa henti dan terobosan-terobosan ilmiah dalam upaya pembangunan bangsa dan memajukan masyarakat Cirebon seiring akselerasi pencapaian visi Kota Cirebon.

Demikian dikemukakan Walikota Cirebon Nasrudin Azis dalam sambutannya pada acara Wisuda Sarjana dan Magister Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon di Auditorium Kampus I, Jalan Pemuda 32, Kota Cirebon, Sabtu (12/08).

Pada kesempatan itu, Walikota juga berpesan kepada para lulusan, agar mereka secara intelektual mengembangkan ilmu pengetahuan setinggi mungkin. Jangan berhenti belajar dalam menuntut ilmu. Amalkan ilmu tersebut sehingga dapat bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.

“Selain itu, pereratlah hubungan silaturrahmi dengan menjaga keluhuran martabat almamater,” katanya.

Rektor Unswagati Prof Rochanda Wiradinata, menjelaskan, Unswagati merupakan perguruan tinggi pertama di Ciayumajakuning, bahkan mungkin PTS di Jawa Barat, yang berhasil meraih Sertifikat ISO 9001-2008 yang kini tengah diupgrade menuju ISO 2015.

Upaya-upaya peningkatan mutu yang dilakukan Unswagati melalui penjaminan mutu merupakan respons terhadap kepercayaan orangtua dan masyarakat dalam mendorong putra-putrinya serta kerabat dan keluarga untuk menempuh pendidikan di Unswagati.

Dikatakan rektor, sebagai kebunnya ilmu, ladangnya peradaban, dan tempat menempa diri, Unswagati memiliki komitmen dan kerja besar. Pertama, pengelolaan perguruan tinggi yang dijalankan Unswagati berorientasi pada terbentuknya Good University Governance.

Artinya, Unswagati bertujuan menjadi pusat keilmuan, kebudayaan, peradaban, dan pusat inovasi yang senantiasa mengarahkan pada kemampuan mengantisipasi perubahan yang sangat cepat, khususnya di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, dan komunikasi.

Kedua, Unswagati fokus dan konsen pada pemenuhan persyaratan standar PT, dan akreditasi, baik prodi mauspun institusi. Sebagai institusi, Unswagati telah terakreditas dari BAN-PT dengan peringkat Akreditasi Institusi B.

Ketiga, Unswagati tengah giat melakukan penataan, baik internal, eksternal, fisik maupun non fisik. Hal itu dilakukan untuk mencapai visi “Terwujudnya Unswagati sebagai perguruan tinggi negeri yang bereputasi nasional, berejajaring global, dan berkontribusi bagi peningkatan daya saing bangsa yang bermartabat”.

Keempat, lanjut Prof Rochanda Wiradinata, pengembangan tata kelola Unswagati berciri khas “A Leading in Learning University” yang berbasis pada budaya dan kearifan lokal.

“Kesadaran lulusan terhadap nilai-nilai budaya diharapkan dapat menjadi benteng dari pengaruh negatif arus globalisasi di segala bidang,” ungkapnya. (Haris)

Sumber: CirebonTrust

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini menjadi tanggungjawab sumber.
loading...