Get it on Google Play

Kapolda Ajak Masyarakat Jaga Ibukota


JAKARTA (Pos Kota) – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Idham Azis mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama menjaga keamanan Ibukota. Termasuk pada aksi demo ‘299’ yang bakal digelar sejumlah ormas pada Jumat (29/9).

Hal ini disampaikan kapolda dalam perbincangan khusus dengan jajaran pimpinan harian POS KOTA antara lain Direktur Utama PT. Media Antarkota Jaya (MAJ), Dimas Azisoko Harmoko; Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi H. Toto Irianto, Wakil Pemimpin Umum Joko Lestari, Wapemred Irdawati dan Redpel Sutiyono di Mapolda Metro Jaya, Senin (25/9).

Secara khusus, kapolda mengapresiasi kiprah POS KOTA yang konsisten menyajikan informasi kamtibmas di Ibukota, kritis menyoroti kinerja kepolisian, juga mempublikasikan prestasi anggota Polri. Sedangkan Dimas Azisoko Harmoko mengatakan, POS KOTA senantiasa menyajikan berita berimbang dan objektif.

Dijelaskan kapolda, situasi kamtibmas di Jakarta dan sekitarnya saat ini kondusif. Sejumlah aksi unjukrasa memang hampir setiap hari mewarnai Ibukota. ‘Alhamdulillah aksi berjalan aman dan lancar. Kami bertugas mengawal dan mengamankan,” kata kapolda.

JANGAN ANARKIS

Dalam pekan ini, akan ada dua aksi unjukrasa yaitu dalam rangka peringatan Hari Tani yang akan diikuti 7.000 peserta, serta demo menolak Perppu Ormas dan menolak kebangkitan PKI yang bakal diikuti seekitar 15.000 orang. Titik demo adalah Gedung DPR RI.

“Aksi unjukrasa adalah hak setiap warga negara dan diatur Undang-undang. Kepolisian bertugas mengawal dan mengamankan aksi,” ujar Idham Azis didampingi Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

Kapolda mengimbau peserta aksi tetap menjaga kamtibmas, mematuhi aturan hukum yang berlaku dan jangan anarkis. Kapolda juga mengajak semua komponen masyarakat memelihara keamanan di Jakarta. “Jakarta milik kita bersama, karena itu kita harus bersama-sama menjaga keamanan di Ibukota,” ujar mantan Kapolda Sulawesi Tengah tersebut.

Polda sudah menyiapkan sekitar 18.000 personel terdiri dari Brimob daan unsur lainnya, serta dibantu oleh jajaran TNI serta instansi lainnya termasuk Dinas Kesehatan DKI. Pengamanan akan dilakukan sesuai dengan prosedur tetap (protap).

Sedangkan Kombes Argo menambahkan, rapat koordinasi dengan TNI dan Pemprov DKI sudah digelar guna membahas pola pengamanan. “Kami juga menyiapkan puluhan ambulans untuk mem-back up jangan sampai ada masyarakat yang melakukan kegiatan itu sakit,” tukas Argo. Masyarakat juga diimbau tidak perlu khawatir, karena kepolisian dan instansi terkait akan bekerja maksimal. (tim PK/ird)

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini menjadi tanggungjawab sumber.
loading...