All for Joomla All for Webmasters
Berita

Kemenag Kota Cirebon Belum Terima Laporan Soal Biro Umroh SBL

Kemenag Kota Cirebon Belum Terima Laporan Soal Biro Umroh SBL

Kota Cirebon (89,2 CR) – Kantor Kementrian Agama Kota Cirebon mengaku PT Solusi Balad Lumampah (SBL) cabang Kota Cirebon mengurus


Kota Cirebon (89,2 CR) – Kantor Kementrian Agama Kota Cirebon mengaku PT Solusi Balad Lumampah (SBL) cabang Kota Cirebon mengurus proses perizinannya di Bandung. Sedangkan di Cirebon hanya rekomendasi pemberitahuan kantor perwakilan. Di Kota Cirebon sendiri hanya memiliki satu perjalanan umroh yang tercatat di Kemenag setempat. 

” Karena pusatnya di Bandung atau di Jakarta maka urus izinnya di sana, di daerah hanya rekomendasi. Biro perjalanan umroh di kami hanya ada satu yang dimiliki Kota Cirebon, sisanya hanya anak cabang, ” ungkap Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, H Jajang Badruzaman, Kamis (1/2/18).

Sampai dengan saat ini Jajang mengaku belum ada laporan di Kemenag Kota Cirebon terkait penipuan perjalanan umroh SBL. Bagi masyarakat yang merasa tertipu bisa melapor ke Kemenag setempat, nantinya bahan laporan akan menjadi bukti di pihak kepolisian. 

” Ini bisnis to bisnis, kalau ada yang melapor nanti akan kami tindaklanjuti ke pusat untuk menjadi barang bukti bahwa ada korban SBL di Kota Cirebon, ” jelasnya.

Sementara itu Icip Permana Kabid pelayanan perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) menjelaskan, sejak tahun 2010 sampai dengan tahun ini belum ada biro perjalanan umroh yang mengajukan atau pembaruan izin. Seharusnya hal itu dilakukan karena usaha mereka berada di Kota Cirebon. 

” Data dikami dari 2010 sampai 2018 tidak ada yang menyertakan izin atau pembaruan, karena setiap surat memiliki masa berlaku. Seharusnya itu dilakukan setiap jenis usaha apapun, ” tambahnya.  

Syarat perjalanan umroh mengajukan izin yaitu membawa Surat Ijin Usaha Kepariwisataan (SIUK) Izin Gangguan, Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan lainnya. Syarat tersebut harus dilakukan sebagai bukti usaha yang dimilikinya sudah memenuhi izin.

Sumber : CirebonMedia

Most Popular

To Top