All for Joomla All for Webmasters
Berita

Tips Menghentikan Sifat Menunda-nunda

Menunda-300x193



                           Sumber : Shiq4

Menunda-nunda merupakan sifat yang memang sangat menggangu, terlebih lagi dalam hal pekerjaan. Selain pekerjaan akan semakin lama selesai, tak jarang juga kita dihujani kritikan. Efeknya bukan hanya menurunkan produktivitas, tapi sifat menunda-nunda juga bisa menjadi akar dari kebiasaan buruk seperti menyepelekan pekerjaan, dan tentunya malas.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghilangkan sifat menunda-nunda

1. Kerjakan satu persatu

Kunci untuk menghilangkan kebiasaan menunda-nunda adalah Fokus. kita kerap memberikan diri kita terlalu banyak yang ingin dikerjakan oleh karenanya kita menjadi kewalahan. mulailah dengan memilih satu hal yang harus segera dikerjakan dan buatlah daftar tenggat waktu tugas itu harus diselesaikan.

2. Mulai sekarang juga

Setelah mempersempit tugas menjadi satu, segeralah mengambil tindakan. Hari ini juga, jika terasa menakutkan atau anda berpikit tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan tugas, lihatlah poin berikutnya.

3. Lima Menit Ajaib

Tanyakan kepada diri kita sendiri, “Tindakan apa yang bisa diambil dalam waktu lima menit?” setelah mengidentifikasi tindakan kecil, pasang alarm dalam lima menit dan kerjakan tugas tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa, sekali kita memulai sesuatu, kita lebih mungkin untuk menyelesaikannya. seterusnya bisa jadi akan lebih banyak menyisihkan waktu mengerjakan.

4. Andalkan Jam Produktif

Ada saja gangguan dan godaan saat melakukan sesuatu, lalu berujung kepada penundaan. Kadang godaan tersebut datang dari diri kita sendiri. Kumpulkan godaan dan gangguan itu dalam satu waktu pendek, lalu kembali berkonsentrasi. Manfaatkan kinerja otak dan tubuh secara optimal saat produktif. Pentingnya menjaga keseimbangan antara konsentrasi dengan waktu istirahat.

5. Maafkan Penundaan Di Masa Lalu

Yang sudah berlalu biarkan lah berlalu. Penelitian menunjukkan bahwa semakin kita bisa memaafkan diri sendiri karena pernah menunda sesuatu di masa lalu, semakin besar kemungkinan kita mengatasi penundaan saat ini dan mengambil tindakan. Pengalaman masa lalu dapat menjadi pelajaran yang berharga.

6. Mendengarkan Lagu

Pilihlah lagu yang dapat membuat dirimu berenergi. Mainkan setiap kali ingin mengatasi sesuatu yang telah lama ditunda. Otak yang gembira bisa menjadi pemicu untuk melakukan sesuatu.

7. Mengidentifikasi Masalah

Bisa jadi seseorang yang menunda-nunda pekerjaan karena takut sesuatu atau kewalahan dan tidak tahu harus mulai dari mana. Istilah dulu kalimat ini “Saya Menunda ini karena …” atau “Saya menghindari tugas ini karena takut …” dan lihat apa yang muncul. Mengidentifikasi ketakukan dapat membantu seseorang menyadari bahwa yang ditakutkan tak seburuk yang dipikirkan.

8. Lepaskan Beberapa Hal

Salah satu cara untuk berhenti menunda-nunda sesuatu adalah untuk memutuskan dan memilih, jika ada hal-hal yang tidak akan pernah perlu dilakukan. Buatlah daftar. Jangan-jangan, memang ada hal yang tidak benar-benar perlu dilakukan tapi malah menjadi beban pikiran. Lepaskan tugas yang tak benar-benar harus dilakukan.

9. Berjanji pada Teman

Pilih tenggat waktu dalam menyelesaikan sebuah tugas dan buatlah taruhan dengan teman baik atau siapapun yang anda anggap baik. Minta mereka mengingatkanmu tentang janji itu. Buat janji misalnya “Jika tugas ini tak selesai, saya akan mentraktir kamu minum kopi” atau hal lain semacam itu.

10. Membuatnya Jadi Lebih Menyenangkan

Cara lain untuk memotivasi diri untuk menyelesaikan tugas adalah menyiapkan hadiah yang akan anda berikan kepada diri anda sendiri setelah tugas tertunda selesai. Penelitian menunjukkan otak manusia akan merespon stimulus terhadap hadiah. Buanglah rasa malas, Jangan menunda pekerjaan lagi karena lebih cepat beres, tentu saja lebih cepat juga anda akan merasa Lega.

 

Sumber : DW

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = ‘https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.10&appId=1532045157124350’;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

Sumber: Cirebonmedia.com

The post Tips Menghentikan Sifat Menunda-nunda appeared first on Halo Cirebon.

Most Popular

To Top