All for Joomla All for Webmasters
Berita

Puluhan Lampu Tenaga Surya di Jalur Pantura Patrol Mati


INDRAMAYU-Puluhan lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) disepanjang jalan raya Pantura Indramayu banyak yang mati. Lantaran tak nyala, pengendara dibuat was-was jika berkendara pada malam hari terutama saat turun hujan.

Pantauan Radar, Senin malam (12/2), lampu PJTS yang tidak menyala terpantau di jalan raya pantura Patrol. Mulai dari kawasan terminal, depan RS Pantura sampai Legok yang berbatasan dengan Kecamatan Kandanghaur.  Mayoritas tak menyala, kalaupun ada itupun sinarnya tidak seterang seperti biasanya. “Sudah semingguan kondisinya begitu, banyak yang gak nyala,” ucap Ade salah seorang warga di Desa Patrol Lor, Kecamatan Patrol.

Dia menduga, matinya lampu PJUTS akibat cuaca buruk yang berlangsung beberapa pekan terakhir. Kurangnya sinar matahari yang menjadi sumber energi, membuat lampu tenaga surya itu tidak berfungsi optimal.Pasalnya, kondisi tiang PJTS, bola lampu serta kotak baterai masih utuh berada ditempatnya. “Hampir setiap hari turun hujan. Panasnya jarang, mungkin itu penyebabnya ya,” kata dia.

Namun tambah dia, selain PJTUS, lampu konvensional yang bertenaga listrik juga banyak yang mati.  Hal itu dibenarkan Widi, warga lainnya. Dia menduga disebabkan buruknya perawatan lampu oleh pihak berwenang.

“Kalau yang PJU listrik mah sudah dari dulu banyak yang mati. Makanya mulai diganti dengan lampu tenaga surya. Tapi ya itu tadi, kalau cuacanya seperti sekarang ini banyak yang tidak nyala,” tutur dia.

Menurut dia fasilitas penerangan di jalan raya pantura harus rutin dicek dan dipastikan berfungsi dengan baik, terlebih di musim penghujan dan menjelang liburan tahun baru Imlek saat ini. Pasalnya, keberadaan lampu-lampu tersebut penting untuk keselamatan para pengguna jalan. (kho)

The post Puluhan Lampu Tenaga Surya di Jalur Pantura Patrol Mati appeared first on Halo Cirebon.

Sumber: radarcirebon.com

The post Puluhan Lampu Tenaga Surya di Jalur Pantura Patrol Mati appeared first on Halo Cirebon.

Most Popular

To Top