All for Joomla All for Webmasters
Berita

Karang Taruna Kabupaten Cirebon Siap Perangi Narkoba


PortalCirebon.Com, CIREBON- Ketua Karang Taruna (KT) Kabupaten Cirebon, Dangi menyatakan bahwa jajaran KT Kabupaten Cirebon siap bekerjasama dengan pihak kepolisan dan juga Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Cirebon untuk memberantas peredaran gelap narkoba di wilayah Kabupaten Cirebon.

Hal ini disampaikan Dangi, usai menggelar kegiatan penyuluhan terkait pencegahan, pemberantasan, penanggulangan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) yang dilasakanakan di Gedung Baznas Kabupaten Cirebon, Rabu (14/12).

“Peredaran Narkoba sekarang ini sudah sangat menghawatirkan, apalagi banyak remaja dan pemuda kita yang sudah terjangkit penyakit ini, untuk itu kami berkomitmen akan membantu untuk memberantas peredaran narkoba ini,” ujar Dangi.

Dikatakan Dangi, fenomena narkoba di kalangan generasi muda ini diawali dengan makin maraknya peredaran obat berbahasa seperti tramadol dan trihex yang seharusnya dikonsumse dengan resep dokter namun pada kenyataan nya banyak yang mengkonsumsi tidak sesuai aturan, dari sini lah narkoba mudah sekali untuk mempengaruhi generasi muda. “Generasi muda ini adalah penerus bangsa, kalau generasi mudanya sudah terjangkit dengan Narkoba ini, gimana bangsa Indonesia kedepannya,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Satuan (Kasat) Narkoba, Polres Cirebon, AKP Endar Supriatna mengatakan, guna memberantas peredaran Narkoba di wilayah Kabupaten Cirebon ini, pihaknya akan membentuk jaringan komunikasi, khusunya dengan pihak Karang Taruna Kabupaten Cirebon. Dari komunikasi yang baik ini diharapkan bisa mencegah peredaran narkoba dan ruang gerak dari pengedar juga akan lebih sempit.

“Karang Taruna dianggap sebagai ujung tombak permasalaahan remaja dan pemuda sampai ke tingkatan yang lebih kecil. Seperti desa atau kelurahan, kedepan kami akan menjalin komunikasi dengan baik dengan Karang Taruna,” katanya.

Disinggung mengenai daerah rawan peredaran narkoba, Endar mengatakan bahwa wilayah timur Kabupaten Cirebon diangap sebagai daerah empuk oleh para bandar narkoba untuk memasarkan barang haram tersebut kepada parang penggunanya. “Sejauh ini sih peredaran narkoba di Kabupaten Cirebon berasal dari wilayah Kota Cirebon dan peredaran narkoba di Kabupaten Cirebon sih masih didominasi oleh peredaran obat-obat terlarang. Tapi kalau obat-obat ini dikonsumsi secara berlebihan tentunya akan membahayakan juga,” tambahnya. 

DEDE KURNIAWAN

To Top