All for Joomla All for Webmasters
Berita

Siswa Sempat Pusing, Dinkes Jamin Vaksin MR Halal dan Aman



Dinskes jamin vaksin MR halal dan aman. Siswa yang pusing usai divaksin. Foto: Dok/radarcirebon.com

KUNINGAN – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Raji K Sarji menjamin pemberian vaksin measles rubella (MR) kepada anak usia 15 tahun ke bawah adalah halal dan aman. Sehingga, Raji mengimbau para orang tua tak perlu ragu ataupun cemas.

“Vaksin MR ini sudah dilakukan di sekitar 114 negara dan sudah dinyatakan aman dan halal. Tidak ada unsur babi ataupun zat berbahaya dalam kandungan vaksin tersebut, justru malah dampaknya bisa menghindarkan anak dari penyakit campak dan rubella,” kata Raji, Jumat (4/8).

Kalaupun ada kejadian anak mengalami pusing atau mual seperti yang terjadi di SMP Luragung, Raji mengatakan, hal tersebut adalah biasa terjadi sama seperti ketika pemberian imunisasi di Posyandu. Menurut dia, gejala pusing atau mual pasca pemberian vaksin hanya akan berlangsung beberapa menit saja dan bisa diatasi dengan cara meminum teh manis atau dibiarkan pun akan sembuh sendiri.

Dikatakan Raji, pemberian vaksin MR yang kini tengah gencar dikampanyekan pemerintah harus terealisasi dengan baik di Kabupaten Kuningan. Pihaknya pun telah menginstruksikan kepada para Kepala UPTD Puskesmas di 32 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan untuk melakukan pemberian vaksin MR secara marathon.

“Dimulai dari kalangan pelajar tingkat SMP, kemudian bertahap ke tingkat SD dan TK hingga balita di Posyandu. Pokoknya seluruh anak yang masuk usia 9 bulan hingga 15 tahun kurang satu hari,” kata Raji.

Raji pun mengaku optimis pelaksanaan vaksinasi MR masal di Kabupaten Kuningan akan berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Kalaupun ada yang menolak, Raji mengatakan, pihaknya akan terus melakukan upaya pendekatan hingga akhirnya masyarakat bersedia anak-anaknya divaksin demi tercapai generasi Indonesia yang sehat terbebas dari wabah penyakit campak dan rubella. (fik)

To Top