All for Joomla All for Webmasters
Berita

Ini Tuntutan Qualcomm Terhadap Apple



Qualcomm Gugat Apple – Berita cukup mengejutkan dari pihak Qualcomm dan Apple, pasalnya Apple selalu menggunakan chipset buatan Qualcomm untuk perangkat canggihnya di dunia teknologi smartphone.

Qualcomm Gugat Apple

Hal ini berawal dari keputusan Apple menggunakan chipset buatan intel dan MediaTek untuk perangkatnya, tentu saja hal ini membuat Qualcomm kecewa. Hingga akhirnya Qualcomm melayangkan gugatan kepada Apple ke pengadilan negara di California, Amerika Serikat pada 1 November 2017.

Qualcomm mengajukan gugatan karena Apple dikira memberikan akses kepada Intel terhadap teknologi dari Qualcomm. Pasalnya, chipset Intel merupakan pesaing dari chipset dari Qualcomm.

Qualcomm berani menuduh Apple melakukan hal tersebut karena pihak Apple tidak memisahkan karyawan sesuai dengan pengalaman kerja. Sebagian karyawan Apple yang pernah bekerja pada perangkat Qualcomm ternyata ikut bekerja sama untuk perangkat baru yang menggunakan chipset Intel. Maka dari itu, Qualcoom menaruh curiga terhadap Apple. Qualcomm sendiri juga merasa cemas, apabila teknologinya bisa saja bocor lewat pekerja Apple.

Sebenarnya masalah keduanya sudah terjadi cukup lama tepatnya pada awal tahun. Sebelumnya, Apple pernah melayangkan gugatan kepada Qualcomm mengenai hak paten. Apple curiga kepada Qualcomm bahwa Qualcomm telah melakukan kecurangan dalam hal biaya lisensi dan paten. Gugatan tersebut merupakan gugatan pertama Apple kepada Qualcomm.

Kemudian masalah tersebut semakin panjang ketika Qualcomm membalas gugatan tersebut. Pada bulan April 2017, Qualcomm membalas gugatan tersebut dengan masalah bahwa Apple tidak mampu dan tidak transpadaran dalam menggunakan chipset dari Qualcomm tersebut.

Hingga akhirnya pada pertengahan Oktober 2017, Qualcomm memberikan jalan damai. Namun sangat disayangkan justru Apple menggunakan chipset dari Intel dan MediaTek. Yang menambah runtutan panjang dari permasalahan antara Qualcomm dan Apple.

Apakah Apple akan memutuskan kerja dengan Qualcomm? Sampai saat ini belum ada informasi secara resmi antara kedua pihak. Jikalau Apple sudah berhenti kerjasama dengan Qualcomm maka yang akan dirugikan adalah Qualcomm. Seperti berita dari halaman Kompas Tecno bahwa analisis dari The Wall Street Journal mengungkapkan bahwa Qualcomm akan kehilangan pendapatan hingga 13 persen. Banyak yang berpendapat bahwa pelanggan utama dari Qualcomm adalah Apple. Namun ternyata pihak Qualcomm membantah bahwa Apple merupakan pelanggan utama Qualcomm.


To Top