All for Joomla All for Webmasters
Berita

Letkol Daru Ajak Pemuda Jauhi Narkoba



Mess anggota Koramil Garawangi diresmikan oleh Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Daru Cahyadi S.
FOTO:M TAUFIK/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Komandan Kodim (Dandim) 0615 Kuningan Letnan Kolonel (Letkol) Inf Daru Cahyadi Soeprapto mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama kalangan pemuda, untuk menjaga diri dari berbagai serangan penjajah yang terselubung. Seperti penggunaan narkoba dan budaya asing yang dapat merusak keutuhan NKRI.

Hal tersebut disampaikan dandim saat meresmikan pembangunan Mess Anggota Koramil Garawangi yang dihadiri aparat desa dan kecamatan, serta para pemuda yang tergabung dalam beberapa ormas. Menurut Daru, serangan terselubung yang dikenal dengan sebutan Proxy War ini lebih berbahaya dibanding dengan perang nyata seperti pada zaman penjajahan Belanda dan Jepang dulu.

“Di zaman sekarang, penjajah menyerang kita dengan cara yang kasat mata namun akibatnya bisa fatal. Contohnya dengan cara mengirimkan narkoba dengan sasarannya para generasi muda, yang apabila sudah separuhnya saja teracuni, maka sudah bisa dibayangkan kerusakan yang akan terjadi,” kata Daru.

Menurut Daru, pendidikan zaman dulu yang mengajarkan tentang P4 atau Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, memberikan banyak pelajaran positif dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Di antaranya pada Pasal 36 yang mengajarkan hidup gotong royong dan rukun menjarkan senyum, sapa, santun dan lain-lain, sangat dirasakan manfaatnya terutama dapat memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kekuatan rakyat seperti ini sangat dirasakan saat perjuangan Jenderal Sudirman melawan penjajah dahulu. Dengan menerapkan strategi perang gerilya dengan melibatkan seluruh rakyat. Di mana rakyat berfungsi sebagai pemberi informasi, penyuplai logistik, bahkan tak sedikit yang ikut mengangkat senjata menggunakan bambu runcing, ternyata berhasil mengusir penjajah dari Bumi Pertiwi,” ujar Daru.

Namun, Daru sangat mengapresiasi, ternyata jiwa kebersamaan dan gotong royong seperti itu masih dirasakan di Kabupaten Kuningan, terutama di daerah Garawangi. Di mana, pembangunan mess prajurit Koramil Garawangi ternyata juga mendapat bantuan dari masyarakat sehingga keberadaannya bisa berdiri seperti sekarang.

“Saya berterimakasih kepada jajaran koramil dan masyarakat Kecamatan Garawangi yang telah bahu membahu membangun mess Babinsa ini. Sehingga, keberadaannya bisa memberikan manfaat dan berkah bagi yang menampati dan juga masyarakat sekitar,” pungkas Daru. (fik)

Sumber: Radarcirebon.com

The post Letkol Daru Ajak Pemuda Jauhi Narkoba appeared first on Halo Cirebon.

To Top